Memilih Pondasi Rumah Dan Bangunan Lainya

Pondasi merupakan bagian utama sebagai pendukung struktur pada sebuah bangunan,kekuatan daya dukung menjadi yang terpenting untuk menopang bangunan itu sendiri,serta ketepatan dalam memilih pondasi juga penting untuk menghindari kemubaziran dalam proses pembuatan pondasi,sehingga membuat pondasi haruslah tepat dan cermat,dengan biaya sehemat mungkin untuk menghasilkan pondasi yang sekuat mungkin.

Dalam memilih jenis pondasi yang tepat sebagai pondasi sebuah rumah,harus diperhatikan beberapa hal yang berkaitan dengan pekerjaan pondasi tersebut.Ini karena tidak semua jenis pondasi dapat dilaksanakan pada semua jenis tanah maupun yang berhubungan dengan lokasi,misalkan saja jenis pondasi sistem pancang (hammer pile) meskipun memiliki daya dukung yang memadai namun tidak mungkin digunakan untuk daerah yang padat bangunan seperti komplek perumahan.

Cara memilih pondasi yang sesuai berdasarkan daya dukung dan jenis tanah:

-Jika tanah keras dangkal dan terletak dipermukaan atau kedalaman pondasi antara 2-3 meter di bawah permukaan tanah,jenis pondasi dangkal bisa digunakan (misalnya: pondasi tapak jalur, pondasi batu kali, pondasi pilecap atau pondasi strauss pile).

-Bila kondisi tanah dipermukaan labil atau lunak dengan kedalaman hingga 6 meter maka jenis pondasi yang bisa di pakai adalah pondasi mini pile, pondasi strauss pile atau bor pile manual bisa juga digabungkan dengan pondasi cerucuk bambu sebagai penguat

-Bila tanah keras terletak pada kedalaman sekitar 10 meter atau lebih di bawah permukaan tanah maka jenis pondasinya adalah pondasi bore pile, pondasi sumuran atau pondasi minipile.

-Bila tanah keras terletak cukup dalam yakni diatas 10 dibawah permukaan tanah maka jenis pondasi yang bisa digunakan adalah pondasi tiang pancang,pondasi bored pile,pondasi spoon pile atau hidraulic jack in pile.Cukup banyak spesialis bore pile di jakarta dan sekitarnya sekarang ini.

Rumah yang ideal tidak hanya karena keindahan arsitektur serta desain dari rumah itu sendiri tetapi juga harus memenuhi kriteria keamanan bagaimana rumah tersebut didirikan untuk memberikan rasa keamanan bagi para penghuninya.

Keamanan disini seperti halnya membuat pondasi rumah kokoh sehingga tidak merasa khawatir akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan (bangunan retak bahkan hal terburuk bangunan roboh / ambruk) . Oleh karena itu, ketika Anda ingin membangun rumah pastikan tidak hanya mementingkan desain apiknya tetapi juga pentingkan pula kekokohannya.

0 Response to "Memilih Pondasi Rumah Dan Bangunan Lainya"

Posting Komentar